7 Hal Yang Dilakukan Untuk Pertahankan Dapur Bersih Dan Rapi

199 views

Ilustrasi dapur, dapur minimalis

JAKARTA – Bagi banyak orang, membersihkan dan mempertahankan dapur tetap bersih adalah bagian yang cukup sulit untuk dilakukan.

Sedikit hal saja, seperti peralatan masak dan piring kotor yang dibiarkan menumpuk bisa membuat dapur terlihat berantakan dan tidak bersih.

Bagi kamu yang berusaha mempertahankan dapur untuk bisa terlihat rapi dan bersih, ada beberapa hal yang perlu kamu terapkan guna mencegahnya menjadi masalah besar.

Dilansir dari beberapa sumber, Jumat (25/12/2020), inilah cara menjadi seseorang dengan dapur yang selalu rapi dan terlihat bersih.

1. Menjaga agar dapur tidak berantakan

Orang yang dapurnya selalu bersih biasanya tidak akan membuatnya berantakan dari segala macam hal. Prinsip ini perlu kamu terapkan dalam hal apapun.

2. Tak pernah meninggalkan piring kotor di wastafel cuci piring

Tentu saja tidak mungkin mengikuti aturan ini dengan baik, tetapi memiliki prinsip untuk tidak meninggalkan piring kotor di wastafel adalah kunci untuk mempertahankan dapur yang selalu bersih.

Dalam hal ini kamu perlu menanamkannya ke anggota keluargamu yang lain di rumah. Agar mempermudah, beri aturan untuk mencuci masing-masing piring yang selesai digunakan makan.

Aturan ini dapat mencegah kekacauan dapur berlipat ganda. Wastafel yang kosong dan mengilap hampir menghalangi seseorang untuk menodainya.

3. Membersihkan saat memasak

Orang yang memiliki dapur bersih terus-menerus tahu bahwa membersihkan saat mereka memasak sama pentingnya dengan membersihkan setelah memasak.

Untuk tujuan ini, cobalah untuk membersihkan piring dan peralatan sebanyak yang kamu gunakan. Misalnya, cuci panci yang selesai digunakan saat kamu menunggu makanan di oven matang.

Pilihan lainnya adalah mengisi separuh wastafel dengan peralatan masak yang telah selesai digunakan, kemudian isi dengan air.

Ilustrasi dapur minimalis.SHUTTERSTOCK/New Africa Ilustrasi dapur minimalis.

Dengan cara ini, setidaknya kamu tidak harus berurusan dengan kotoran pada peralatan masak yang mengering, lengket, yang memakan waktu untuk dibersihkan.

4. Mereka membersihkan segera setelah selesai makan

Buatlah rencana yang terarah untuk membersihkan setelah makan, dan lakukanlah sebelum kamu terjebak dalam drama di televisi atau Youtube.

Jika kamu menundanya, barang-barang hanya akan semakin sulit dibersihkan karena mengeras dan kamu semakin lelah.

Rutinitas setelah makanmu harus disesuaikan dengan pengaturan dapur seperti di bawah ini.

  1. Kosongkan meja dan bersihkan.
  2. Singkirkan sisa makanan.
  3. Letakkan semua piring kotor di satu sisi wastafel.
  4. Dorong kursi.
  5. Angkat piring kotor yang tersisa dari meja dan kompor dan bawa ke area wastafel.
  6. Rendam panci atau wajan yang terlihat berantakan.
  7. Masukkan piring pencuci piring ke dalam mesin pencuci piring.
  8. Cuci tangan apa yang kamu butuhkan untuk mencuci tangan.
  9. Singkirkan bahan-bahan dapur secara acak.
  10. Lap meja dan kompor.

5. Menutup dapur setiap malam

Jika kamu atau seseorang di rumah membutuhkan camilan larut malam setelah dapur ditutup, pastikan ruangan tersebut diperiksa sekilas setelah camilan selesai.

Jika kamu pernah bangun dari tempat tidur dan masuk ke dapur yang sangat bersih di pagi hari, kamu tahu betapa menyenangkan rasanya. Mulailah pagimu dengan langkah yang benar dengan mematikan lampu dapur pada malam sebelumnya.

6. Membersihkan kompor dan wastafel

Karena terlalu konsentrasi dengan perabot dapur yang kotor, tak jarang kamu bisa melupakan kebersihan kompor dan wastafel.

Jika memang ingin menjaga suasana dapur tetap bersih dan higienis, selalu bersihkan kompor dan wastafel dengan segera setelah dipakai.

7. Mereka segera membersihkan lantai setelah memasak

Segera membersihkan lantai dapur setelah kegiatan memasak juga jadi bagian penting dilakukan untuk menghilangkan minyak-minyak dan bau pada lantai. Dengan cara ini kamu bisa mempertahankan dapur yang tetap bersih.

[Source: Kompas]