Wow Nia Ramadhani Sebut “Lu” ke Allah, Begini Tanggapan Ustaz Solmed

Baru-baru ini, Nia Ramadhani dinyinyiri warganet karena penggunaan kata “lu” yang ia tunjukan untuk menyebut Tuhan. Sebagian warganet menilai istri Ardi Bakrie ini terlalu tinggi hati karena penyebutan itu.

Menanggapi soal pernyataan Nia Ramadhani, Ustaz Solmed mencoba menengahi. Menurut Ustaz Solmed, permasalahan penyebutan tersebut lebih kepada etika.

“Nggak ada sih (dalil-dalil penyebutan Tuhan), lebih ke etika aja sih. Ya kalau memang merasa itu tanda keakraban, itu kan soal hati. Tapi kalau bagian dari melecehehkan, semua kembali lagi kepada hati si penulis (pembicara),” kata Ustaz Solmed kepada

Sementara soal pernyataan Nia Ramadhani menyebut Tuhannya dengan “lu” Ustaz Solmed menduga hal itu bentuk keakraban. Saking Nia merasa dekat dengan Tuhannya, tercetus lah kata itu.

“Itu kan kalimat, waah itu ungkapan akrab. Biasanya orang berani bilang itu kepada seseorang yang umumnya sangat dekat. Mungkin Nia merasa sudah sangat dekat sama Allah, terus dia merasa bahwa ya gue pakai kalimat ini. ‘Baik banget sih (Tuhan) sudah dikasih tahu bahwa jangan sombong’,” jelasnya.

Sementara terkait komentar kasar atau tidak, sopan atau tidak, hal itu bergantung sudut pandang. Sebab, secara bahasa, “lu” atau “gue” adalah bahasa sehari-hari masyarakat Betawi.

“Tapi kalau disebut bahasa itu kasar, saya juga pakai bahasa Betawi kok. Bahasa yang umum dipakai orang Betawi saat berinteraksi itu ‘Lu’ dan ‘gue’. Jadi susah menyebut itu bentuk pelecehan. Rasanya berat, karena itu bahasa bakunya orang Betawi,” ujarnya.

Nia ramadani

“Kemudian ada bahasa Arab ‘ana-anta’ (saya dan kamu) menjadi ane dan ente. Nah jadi, ya buat Betawi. ‘Lu’ dan ‘gue’ nggak kasar. Kasar ini menurut siapa? Dalam pandangan bahasa Betawi, itu biasa diucapkan. Baik kepada anak, maupun orangtua,” tutur Ustaz Solmed menjelaskan.

Sementara itu, jika kembali menilik kasus Nia Ramadhani, ustaz Solmed mengembalikan hal itu menjadi rahasia pembicara dan Tuhannya. Menurut Ustaz Solmed sendiri Nia hanya ingin berterima kasih.

Tags: #bikin heboh #nia ramadhani #nista agama